INFORMASI :

Selamat Datang di Website Desa Kenteng Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah

PELATIHAN PENERAPAN INOVASI DAN TEKNOLOGI PENINGKATAN NILAI TAMBAH BAHAN BAKU OYEK

PELATIHAN PENERAPAN INOVASI DAN TEKNOLOGI PENINGKATAN NILAI TAMBAH BAHAN BAKU OYEK

Hari ini kamis, 12 november 2020 Desa Kenteng mendapatkan kehormatan untuk melaksanakan kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Pelatihan tersebut berkaitan dengan Inovasi dan Teknologi dengan tajuk “Peningkatan Nilai Tambah Bahan Baku Oyek”.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 15 orang peserta yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama Mitra Bunda dan Sumber Rejeki Desa Kenteng. Pelatihan ini dilaksanakan dari jam 10.00 – 12.00. Diawali dengan pembukaan dan selanjutnya sambutan selamat datang dari Kepala Desa Kenteng yaitu Bpk. Mustolih. Sebagai sambutannya, beliau menyampaikan bahwasanya singkong sebagai sumber pangan yang melimpah di Desa Kenteng ini sangat cocok dengan program dari Bappeda Provinsi yang selanjutnya diharapkan mampu memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi ibu – ibu anggota UB. Desa Kenteng, tingkat antusias yang tinggi yang dibuktikan dengan kehadiran dan semangat dari para peserta. Selanjutnya, sambutan sekaligus pembukaan dari pihak Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang diwakilkan oleh Ir. Eny Hari Widodo, M.Si. Beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya, beliau berharap munculnya produk unggulan baru dari oyek yang mana mampu memberikan peluang usaha baru bagi ibu – ibu di Desa Kenteng untuk bisa meningkatkan taraf kesejahteraan dan memunculkan pengusaha baru, serta beliau berharap ketua dari Kelompok Usaha Bersama (KUB) mau berkorban untuk memulai menjalankan bisnis dari hasil inovasi kegiatan ini sebagai pemantik agar ibu – ibu lain mau ikut memulainya juga.

Kegiatan inti dimulai dengan pembicara Ibu Dra. Rosidah, M.Si menyampaikan beberapa produk yang dapat dibuat dengan bahan utama Oyek. Ada sekitar lima produk olahan antara lain, Egg Roll Tepung Oyek, Schotel Oyek, Kue Lumpur Oyek, Kroket Oyek dan Talam Oyek Lapis Santan. Bagaimana cara membuatnya, apa saja bahan penunjang untuk membuat setiap produk tersebut dan lain sebagainya disampaikan serta dilanjutkan dengan praktek pembuatan semua produk tersebut.

Sungguh acara yang sangat bermanfaat, kami dari pihak pemerintahan Desa Kenteng berharap ibu – ibu peserta mampu untuk menindak lanjut kegiatan ini dengan memulai bisnis dengan produk olahan tersebut. Bagi anda yamg belum berkesempatan mengikuti latihan ini, berikut kami lampirkan juga resep yang produk yang digunakan pada saat pelatihan pada link di bawah ini untuk dapat anda coba dirumah. Nantikan informasi seputar kegiatan Desa Kenteng lainnya disini. Terima kasih (Admin).

 

RESEP PELATIHAN

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Arsip Berita

Statistik Pengunjung